Dinas Kesehatan Kubu Raya Ajak Masyarakat Terapkan PHBS

Dinas Kesehatan Kubu Raya Ajak Masyarakat Terapkan PHBS

perilaku hidup bersih sehat kubu raya

Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) menjadi mutlak untuk diterapkan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini bertujuan agar segala jenis penyakit tak mudah muncul.

Kepala Dinas Kesehatan Kubu Raya, Berli Hamdani mengatakan prilaku kehidupan masyarakat saat ini, terutama untuk di desa-desa yang memiliki keterbatasan persediaan air bersih. Harus bisa benar-benar memperhatikan.

"Sebab, jika PHBS ini tak bisa diterapkan. Maka akan memicu munculnya berbagai macam penyakit. Dari penyakit menular dan tidak menular," ujarnya, Rabu (15/2/2017).

Kadis menyebutkan sejumlah daerah, dengan tingkat kerawanan penyakit dari priaku hidup masyarakat. Lantaran kondisi desa yang masih sangat terbatas untuk fasilitas hidup sehat. Dari air, lingkungan dimana masyarakat BAB di sungai atau di sekitar rumahnya.

"Daerah Tebang Kacang mungkin akan cukup rawan jika masyarakat tidak bisa memperhatikan prilaku hidupnya," katan Berli.

Terlebih adanya perubahan cuaca ekstrim, kerawanan penyakit akan semakin tinggi terjadi. Untuk itu visi pembangunan kesehatan KKR mengacu pada gerakan masyarakat menuju Kubu Raya sehat, melalui pendekatan keluarga.

"Kerawanan ini akan semakin akut, jika sudah ada pergantian musim. Seperti memasuki kemarau, biasanya ISPA akibat asap Karhutla, diare karenas suah buang air bersih dan kurangnya akses jamban," pungkasnya.

 

 

sumber :

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KUBU RAYA

Rabu, 15 Februari 2017 19:29

Dipost Oleh Super Administrator

Post Terkait

Tinggalkan Komentar