Karhutla, UGD Puskesmas Sungai Durian Siap Tangani Pasien ISPA

Karhutla, UGD Puskesmas Sungai Durian Siap Tangani Pasien ISPA

KUBU RAYA - UGD Puskesmas Sungai Durian yang terletak di Jalan Adisucipto, Kabupaten Kubu Raya, sampai saat ini belum menangani kasus ISPA dari korban kabut asap yang melanda Kabupaten Kubu Raya seminggu terakhir.

Anggar, seorang perawat jaga di Puskesmas Sungai Durian mengatakan bahwa hingga saat ini belum ada pasien masuk melaui UGD dengan kasus ISPA ( infeksi saluran pernapasan) akibat pengaruh kabut asap. "Hingga saat ini belum ada pasien yang masuk UGD Puskesmas Sungai Durian ini dengan kasus ISPA, " paparnya.

Ia pun mengatakan bahwa tidak menutup kemungkinan terdapat pasien dengan keluhan pernapasan akibat asap yang berobat di bagian rawat jalan. Dirinya pun menambahkan, bila seseorang mempunyai riwayat asma, maka akan rentan mengalami sesak nafas bila kondisi cuaca dilanda kabut asap seperti ini.

"Yang masuk UGD belum ada, tapi kalau untuk yang berobat rawat jalan, mungkin ada, tapi dan memang yang mempunyai riwayat asma, maka akan rentan, "ungkapnya.

Anggar pun memaparkan bahwa Puskesmas Sungai Durian siap melakukan penanganan awal apabila terdapat pasien yang masuk UGD denga keluhan ISPA akibat kabut asap. "Kita siap untuk melakukan penanganan awal bagi pasien yang mengalami sesak atau ISPA akibat kabut asap, karena kita juga sudah ada persiapan seperti oksigen, dan obat-obatan, dan disini juga bisa untuk rawat inap," ungkapnya.

Kebakaran lahan dan hutan yang melanda Kabupaten Kubu Raya dalam seminggu terakhir membuat kabut asap menyelimuti daerah Kabupaten Kubu Raya dan Kota Pontianak.

Tim gabungan dari berbagai instansi pun telah melakukan penanganan dengan menegrahkan segenap kemampuan yang ada untuk membantu memadamkan api yang membakar lahan agar dapat meminimalisir dampak yang ada.

SUMBER

Dipost Oleh Super Administrator

Post Terkait

Tinggalkan Komentar