Ketersediaan Tenaga Kesehatan Kabupaten Kubu Raya

Ketersediaan Tenaga Kesehatan Kabupaten Kubu Raya

Sebagimana diketahui bahwa penyelenggaraan upaya kesehatan tidak hanya dilakukan pemerintah, tapi juga diselenggarakan oleh swasta. Oleh karena itu gambaran situasi ketersediaan tenaga kesehatan baik yang bekerja disektor pemerintah maupun swasta perlu diketahui.

Saat ini rasio dokter umum umum dan dokter Spesialis di Kubu Raya adalah 5,3 per 100.000 penduduk, artinya tiap 6 dokter melayani 100.000 penduduk. Kondisi ini jauh dari rasio ideal yaitu 30 per 100.000 penduduk. Ini artinya Kubu Raya masih kekurangan 24 dokter umum lagi. Kekurangan tenaga kesehatan sangat berdampak pada kinerja hal ini dikarenakan adanya tumpang tindih tugas dan beban kerja yang harus diemban oleh masing-masing petugas kesehatan.

Beberapa upaya telah dilakukan Dinas Kesehatan Kubu Raya dalam rangka menanggulangi permasalahan ketenagaan. Upaya tersebut antara lain dengan mengajukan penambahan tenaga PTT (pegawai tidak tetap) bagi dokter dan dokter gigi serta tenaga bidan desa. Selain itu dengan penerimaan tenaga honor daerah serta dibantu oleh tenaga magang. Komite Kesehatan Desa yang dibentuk oleh Pemerintah Daerah sangat membantu sebagai mitra kerja puskesmas dalam menggali permasalahan kesehatan di desa, serta tidak ketinggalan kader kesehatan juga sangat membantu.

Dipost Oleh Super Administrator

Post Terkait

Tinggalkan Komentar