Penyerahan Insentif Kader Posyandu

Penyerahan Insentif Kader Posyandu

SUNGAI RAYA – Ratusan dukun beranak dan kader posyandu di 9 kecamatan Kubu Raya, Senin (12/6) menerima insetif atas kemitraannya bersama bidan dari Pemerintah Kabupaten Kubu Raya.  Kendati jumlahnya tidak besar, namun Bupati Kubu Raya, Rusman Ali berharap adanya insentif tersebut bisa mendorong peningkatan kinerja para dukun beranak dan kader posyandu untuk membantu bidan dalam meningkatkan kesejahteraan ibu dan anak di Kubu Raya. 

“Informasi yang saya dapat dari Dinas Kesehatan Kubu Raya, sejak beberapa tahun terakhir seiring dengan semakin solidnya kemitraan antara dukun beranak dan bidang maka terjadi penurunan angka kematian ibu dan bayi di Kubu Raya,” kata Rusman Ali usai secara simbolis menyerahkan honor dukun beranak dan kader posyandu dalam pembinaan upaya kesehatan berbasis masyarakat, Senin (12/6) di Aula Kantor Bupati Kubu Raya. 

Bagi Rusman Ali, insentif yang diberikan merupakan salah satu nilai tambah atas  kepedulian pemerintah bagi para dukun beranak dan kader posyandu. Dia berharap dengan insetif tersebut maka akan meningkatkan semangat bagi para dukun beranak dalam mendampingi proses kehamilan hingga proses persalinan warga di Kubu Raya. 

 “Saya akan mengupayakan program insentif bagi dukun beranak dan kader posyandu ini akan terus ditingkatkan. Karena saya yakin dengan adanya perhatian yang diberikan ini akan mamacu semangat dukun beranak dan kader posyandu berkontribusi dalam meningkatkan kualitas kesejahtraan bidang kesehatan bagi masyarakat Kubu Raya,” paparnya 

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kubu Raya, Berli Hamdani mengatakan saat ini terdapat sekitar 657 dukun beranak dan 2.234 kader posyandu di Kubu Raya yang terdata dan memenuhi kriteria untuk mendapatkan insentif dari pemerintah daerah setempat. 

Dukun beranak Desa Sungai Kakap, Ariadani mengaku senang lantaran beberapa tahun terakhir pemerintah daerah setempat membuat kebijakan untuk memberikan insentif bagi para dukun beranak. “Bukan hanya soal terjamin mendapatkan insentif, dengan adanya kemitraan antara dukun beranak dan bidan ini membuaat kami bisa bekerja maksimal membantu bidan dalam proses melahirkan,” ungkapnya. 

Sementara itu, Kader Posyandu Desa Teluk Pakedai, Aniawati mengaku akan lebih semangat memberikan pendampingan bagi para ibu dan balita di desanya. “Memang jumlahnya tidak besar, tapi setidaknya bisalah membantu saya dan dukun beranak lain dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.,” pungkasnya. Aniawati juga meyakini dengan adanya insentif yang diberikan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya  akan memotiviasi setiap dukun beranak dan kader posyandu untuk bekerja lebih baik lagi dalam meningkatkan kesejahtraan kesehatan masyarakat di Kubu Raya.

SUMBER

Dipost Oleh Super Administrator

Post Terkait

Tinggalkan Komentar