You need to enable javaScript to run this app.

Terobosan Awal Tahun 2023, Kubu Raya MENGGRATISKAN Pelayanan Kesehatan di RSUD Kubu Raya

Terobosan Awal Tahun 2023, Kubu Raya MENGGRATISKAN Pelayanan Kesehatan di RSUD Kubu Raya

dinkes.kuburayakab.go.id- Setelah menggratiskan biaya pelayanan kesehatan di semua Puskesmas bagi masyarakat Kubu Raya sejak tahun 2019 lalu, kini Pemerintah Kabupaten Kubu Raya kembali mengeluarkan kebijakan menggratiskan pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kubu Raya. Kepala Dinas Kesehatan Kubu Raya, Marijan mengutarakan sejak awal pihaknya sangat fokus dalam upaya menekan angka kematian ibu dan balita serta stunting. “Untuk menjaga hal itu, sejak tahun 2019 di Kabupaten Kubu Raya pelayanan kesehatan sudah digratiskan,” ucap Marijan, Minggu (1/12) di Sungai Kakap.

Marijan menambahkan, sebelumnya untuk mendapatkan pelayanan kesehatan bebas biaya di setiap Puskesmas di Kubu Raya, masyarakat cukup dengan menunjukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Kubu Raya. “Persalinan ibu melahirkan gratis, begitu juga untuk berobat di Puskesmas manapun di Kubu Raya. Miskin-kaya gratis dengan KTP Kubu Raya. Pemeriksaan USG juga gratis,” jelas Marijan.

Kini, pelayanan kesehatan gratis atau bebas biaya tersebut mulai awal tahun 2023 juga diterapkan di RSUD Kubu Raya yang terletak di Kecamatan Rasau Jaya. “Pelayanan di RS Umum Daerah Kubu Raya mulai 2023 ini juga digratiskan dengan cukup menunjukkan KTP Kubu Raya dan langsung bisa mendapatkan pelayanan kesehatan di RSUD Kubu Raya,” ungkapnya.

Secara terpisah, Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan menegaskan kebijakan pelayanan kesehatan bebas biaya di Kabupaten Kubu Raya merupakan bentuk pemenuhan tanggung jawab terhadap salah satu hak dasar masyarakat, yakni di sektor kesehatan. “Kita membebaskan biaya itu bukan sekadar (mencari) popularitas. Ini adalah upaya untuk memudahkan agar masyarakat tidak terbebani dan direpotkan,” jelas Muda.

Muda menambahkan, setelah penggratisan biaya pelayanan kesehatan di Puskesmas, pemerintah kabupaten kini juga membebasbiayakan layanan kesehatan di RSUD Kubu Raya. “Tentunya kita sama-sama berupaya agar RSUD kita bisa mengoptimalkan pelayanan kesehatan, salah satunya dengan meringankan dan membebaskan hal-hal yang memang bisa kita lakukan,” sebutnya.

Dengan adanya pelayanan kesehatan gratis, Muda berharap kesadaran warga untuk memeriksakan kesehatan di rumah sakit dan Puskesmas juga semakin meningkat. “Sebelumnya masih ada sebagian warga enggan berobat di rumah sakit maupun Puskesmas karena merasa tidak mampu membayar. Nah, karena sekarang, baik di Puskesmas dan RSUD pelayanannya sudah digratiskan, tentunya kita berharap tidak ada lagi warga yang enggan berobat dan bisa lebih memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatannya,” pungkas Muda.

 

Dokumentasi Foto : Dinkes KKR

Berita : pontianakpost.jawapos

Bagikan artikel ini:
H. Marijan S.Pd M.Kes

- Kepala Dinas Kesehatan -

Selamat datang di Website Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya, dengan website ini kami harapkan dapat digunakan sebagai media publikasi dan…

Berlangganan
Jajak Pendapat

Bagaimana tampilan portal web menurut anda?

Hasil
Pengunjung
Banner