You need to enable javaScript to run this app.

Jangan Panik! Berikut Pertolongan Pertama Jika Digigit Ular

  • Kamis, 06 Juni 2024
  • Promkes Kab.Kubu Raya
Jangan Panik! Berikut Pertolongan Pertama Jika Digigit Ular

https://dinkes.kuburayakab.go.id/- Gigitan ular seringkali menjadi momok menakutkan bagi banyak orang. Ketika terkena gigitan ular, langkah pertolongan pertama yang cepat dan tepat dapat mengurangi kemungkinan-kemungkinan terburuk pada korban dan mungkin menyelamatkan nyawa kita atau orang lain. Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus diikuti ketika seseorang terkena gigitan ular:

  • Menjauh dari Ular: Langkah pertama yang paling penting adalah menjauh dari ular tersebut agar tidak terkena serangan lebih lanjut. Pastikan untuk tetap tenang dan jangan panik.
  • Imobilisasi: Setelah menjauh dari ular, penting untuk tetap diam dan memperhatikan agar racun tidak menyebar lebih cepat dalam tubuh. Imobilisasi area yang terkena gigitan akan membantu memperlambat penyebaran racun.
  • Lepaskan Benda di Sekitar Luka: Segera lepaskan perhiasan atau pakaian yang ketat di sekitar area gigitan. Hal ini akan membantu menghindari pembengkakan yang lebih lanjut jika terjadi reaksi alergi.
  • Pastikan Area Gigitan Tetap di Bawah Jantung: Saat menunggu bantuan, pastikan area yang terkena gigitan tetap berada di bawah jantung. Hal ini akan membantu mengurangi aliran racun ke bagian tubuh yang lebih tinggi.
  • Tutupi Luka Gigitan dengan Perban atau Kain Bersih: Gunakan perban atau kain bersih untuk menutupi luka gigitan. Hal ini akan membantu mencegah infeksi dan mengurangi perdarahan.
  • Jangan Mengikat Bagian Tubuh Tertentu: Hindari mengikat bagian tubuh yang terkena gigitan dengan tali atau ikat. Ini dapat mengganggu aliran darah dan menyebabkan kerusakan jaringan lebih lanjut.
  • Jangan Menghisap atau Menyedot Racun pada Luka Gigitan: Meskipun sering digambarkan dalam film, menghisap racun dari luka gigitan dapat menyebabkan lebih banyak kerusakan dan penyebaran racun ke dalam mulut orang yang melakukan tindakan tersebut.
  • Segera Bawa Korban ke Fasilitas Pelayanan Kesehatan: Setelah memberikan pertolongan pertama, segera bawa korban ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat. Dokter atau tenaga medis akan memberikan perawatan lebih lanjut sesuai dengan jenis ular yang menggigit dan tingkat keracunan yang dialami korban.

Mengingat pentingnya waktu dalam situasi gigitan ular, penting bagi semua orang untuk memiliki pengetahuan dasar tentang langkah-langkah pertolongan pertama ini. Dengan mengetahui apa yang harus dilakukan, kita dapat memberikan bantuan yang cepat dan efektif kepada mereka yang terkena gigitan ular, yang pada akhirnya dapat menyelamatkan nyawa mereka.

 

Editor : Tim Promkes KKR

Bagikan artikel ini:
H. Marijan S.Pd M.Kes

- Kepala Dinas Kesehatan -

Selamat datang di Website Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya, dengan website ini kami harapkan dapat digunakan sebagai media publikasi dan…

Berlangganan
Jajak Pendapat

Bagaimana tampilan portal web menurut anda?

Hasil
Pengunjung
Banner