You need to enable javaScript to run this app.

HARI DEMAM BERDARAH NASIONAL TAHUN 2021 DINAS KESEHATAN KABUPATEN KUBU RAYA AJAK MASYARAKAT LAKUKAN 3 M PLUS

HARI DEMAM BERDARAH NASIONAL TAHUN 2021 DINAS KESEHATAN KABUPATEN KUBU RAYA  AJAK MASYARAKAT LAKUKAN 3 M PLUS

dinkes.kuburayakab.go.id- Ancaman Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Kubu Raya masih menjadi perhatian di tengah pandemi COVID-19. Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya, dalam rentang waktu Januari hingga Maret 2021 jumlah kasus DBD di Kabupaten Kubu Raya tercatat sebanyak 15 kasus. Angka jumlah kasus yang terjadi selama tahun 2020 yaitu 101 kasus. Dari jumlah kasus dengan 0 kematian di tahun 2020 Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya tetap menghimbau masyarakat selain melakukan tindakan untuk mencegah penyebaran COVID-19 agar tetap waspada mengantisipasi bahaya penyakit DBD, sebab penyakit yang disebabkan gigitan nyamuk Aedes Aegypti ini sangat berbahaya dan bahkan bisa menyebabkan kematian.

Dalam penanganan DBD diperlukan peran serta masyarakat untuk menekan jumlah kasus tersebut. Oleh karena itu, program Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan cara 3M Plus perlu terus dilakukan secara berkelanjutan sepanjang tahun khususnya pada musim penghujan. 3M adalah tindakan yang dilakukan secara teratur untuk memberantas jentik dan menghindari gigitan nyamuk demam berdarah dengan cara : 1) Menguras, yaitu membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti bak mandi, ember air, tempat penampungan air minum, penampung air lemari es dan lain-lain 2) Menutup, yaitu menutup rapat-rapat tempat-tempat penampungan air seperti drum, kendi, dan lain sebagainya; dan 3) Memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk penular demam berdarah. Plus cara lain dengan kegiatan pencegahan DBD, seperti: 1) Menaburkan bubuk larvasida  pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan; 2) Menggunakan obat anti nyamuk; 3) Memasang kawat kasa pada jendela & ventilasi; 4) Memelihara ikan pemakan jentik nyamuk; 5) Menghindari kebiasaan menggantung pakaian di dalam rumah yang bisa menjadi tempat istirahat nyamuk, dan lain-lain.

3m plus

Mengingat saat ini memasuki musim pancaroba dan kasus DBD sudah terkonfirmasi ada di beberapa desa di Kabupaten Kubu Raya, masyarakat diharapkan tetap memperhatikan kebersihan rumah dan lingkungan tempat tinggal guna mengantisipasi kasus DBD. Di tengah pandemi COVID-19 ini, masyarakat dapat memanfaatkan waktu di rumah untuk melakukan kegiatan PSN secara mandiri bersama keluarga dan tetap menjaga pola hidup bersih dan sehat. Selain menjaga kebersihan, masyarakat juga harus mengenali gejala penyakit DBD. Jika terdapat salah satu anggota keluarga yang mengalami demam tinggi secara terus menerus, maka segera diperiksakan ke dokter atau pelayanan kesehatan terdekat untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. (19/4/2021)

Bagikan artikel ini:
H. Marijan S.Pd M.Kes

- Kepala Dinas Kesehatan -

Selamat datang di Website Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya, dengan website ini kami harapkan dapat digunakan sebagai media publikasi dan…

Berlangganan
Jajak Pendapat

Bagaimana tampilan portal web menurut anda?

Hasil
Pengunjung
Banner