• DINAS KESEHATAN
  • KABUPATEN KUBU RAYA

KUBU RAYA BERPOTENSI BANJIR, TETAP WASPADA JAGA IMUNITAS

Dikutip dinkes.kuburayakab.go.id dari Detik.news, Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) - Prof. Ir. Dwikorita Karnawati, M.Sc. Ph.D mengungkap sejumlah daerah di Indonesia berpotensi mengalami banjir akibat fenomena iklim La Nina. Banjir diprediksi akan terjadi mulai November 2020 hingga Januari 2021. (News 31/10/20202)

Dari Informasi yang disampaikan, diprediksi berpotensi mengalami banjir kategori tinggi akibat fenomena alam La Nina wilayah kalimantan barat  Bulan November di beberapa kabupaten (Kabupaten Bengkayang, Kayong Utara, Kubu Raya, Landak, Mempawah).

Untuk itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya Bapak H.Marijan,S.Pd.,M.Kes "menghimbau kepada seluruh masyarakat Kubu Raya untuk tetap waspada jaga diri jaga imunitas lindungi keluarga" tuturnya.

Air banjir termasuk ke dalam air kotor. Banyak bakteri dan sumber penyakit yang mudah terbawa air banjir. Bila kondisi tubuh Anda atau keluarga kurang sehat, maka akan ada beberapa penyakit yang mudah menyerang dan menular di musim ini.

Berikut ini merupakan beberapa jenis penyakit saat banjir  yang telah dirangkum oleh Tim Promosi Kesehatan KKR untuk Anda.

1.Kolera

Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Vibrio Cholerae yang mengkontaminasi makanan dan air yang dikonsumsi oleh penderita. Gejala umum penderita penderita penyakit ini adalah sering melakukan buang air besar (BAB) disertai dengan muntah.

2. Tipes

Tipes atau atau kadang disebut juga sebagai demam tipoid terjadi akibat tubuh terkena infeksi bakteri Salmonella Typhosa. Penderita tertular bakteri yang menginfeksi kotoran hewan yang mengkontaminasi air dan makanan, sehingga penyakit ini umum terjadi saat musibah banjir. Biasanya penderita akan mengalami beberapa gejala seperti demam tinggi, diare, sakit perut, pusing, mual, dan hilangnya nafsu makan.

3. Demam Berdarah Dengue

Demam Berdarah Dengue alias DBD tersebar dengan bantuan nyamuk Aedes Aegypti. Bila tidak ditangani dengan cepat, penyakit ini berpotensi mematikan. Gejala utamanya adalah ruam pada kulit, demam, sakit kepala, dan nyeri di belakang mata.

4. Penyakit Kulit

Bila Anda terkena air banjir, ada kemungkinan kulit Anda akan menjadi gatal-gatal disertai bercak merah. Hal ini disebabkan oleh infeksi bakteri E.Coli. Bila tidak segera ditangani, rasa gatal dan bercak merah dapat menyebar ke daerah kulit lainnya.

5. Malaria

Selain nyamuk Aedes Aegypti, air yang menggenang juga ikut menjadi sarang berkembang biaknya nyamuk Anopheles pembawa parasit penyebab malaria, yaitu Plasmodium. Gejala utama penyakit ini adalah demam tinggi yang disertai dengan rasa lemas. 

6. Diare

Bila Anda tidak membersihkan tempat tinggal dan sekitarnya dengan baik setelah banjir mereda, maka penyakit diare berpotensi tinggi menyerang. Bakteri-bakteri penyebab diare seperti Salmonella umumnya terbawa air banjir dan berpotensi mengkontaminasi makanan. Gejala umum diare adalah buang air besar terus menerus, kadang disertai kram perut dan berdarah saat BAB.

Demikianlah beberapa jenis penyakit saat banjir yang perlu diwaspadai. Pada saat musim hujan, Anda perlu menjaga kesehatan diri dengan lebih baik, terutama bila wilayah tempat tinggal Anda rawan terkena musibah banjir. Segera kunjungi fasilitas pelayanan kesehatan jika mengalami gangguan kesehatan. (5/11)

Komentar

Saya sangat berterima kasih atas himbauan yg udah banyak di sosialisasi kan oleh pemerintah. Dan alhamdulillah itu sangat berguna sekali. Dan di tempat saya emang daerah rawan banjir pak. Tepatnya di desa sungai nipah kec. Teluk pakedai. Karna banyak saluran pengairan yg tersumbat. Dan ini udah nggak bisa di tangani dgn manual. Makanya kami mengharap kan ada normalisasi di desa saya pak. Terimakasih????

siap pak informasi ini akan kami sampaikan pada pemerintah terkait penanggulangan bencana

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
WASPADA PENYAKIT YANG TIMBUL SAAT BANJIR MELANDA

dinkes.kuburayakab.go.id- Banjir kerap memiliki dampak buruk bagi lingkungan. Namun perlu diketahui, banjir juga seringkali memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh seseorang. Ketik

22/11/2020 22:18 - Oleh Promkes Kab.Kubu Raya - Dilihat 160 kali