You need to enable javaScript to run this app.

Mobil Polymerase Chain Reaction (PCR) Hadir Di Kubu Raya

  • Rabu, 11 November 2020
  • Promkes Kab.Kubu Raya
Mobil  Polymerase Chain Reaction (PCR) Hadir Di Kubu Raya

dinkes.kuburayakab.go.id - Pemkab Kubu Raya membeli mobil uji PCR (Polymerase Chain Reaction). Mobil ini berguna untuk mempercepat diagnosis penyakit menular, seperti Covid-19, melalui uji swab.

"Mobil PCR ini, ada 2 alat PCR. Tiap alat, berkapasitas mampu memeriksa 250 sampel swab per harinya. Tetapi untuk saat ini pemeriksaan hanya di lakukan 100 sampel per harinya ," tutur Bapak Muda Mahendrawan Bupati Kubu Raya, ditemui di aula kantor Bupati Kubu Raya, Selasa (10/11) siang.

Sementara, Kadinkes Kubu Raya Bapak H.Marijan,S.pd.,M.Kes menambahkan, mobil PCR ini kelebihannya adalah bergerak mobile, dan kecepatan waktu untuk pemeriksaan. Untuk saat ini mobil PCR aktif menerima pelayanan dengan posisi lokasi berada di kantor Bupati Kubu Raya, tutur Kadinkes KKR.

Kadinkes KKR menegaskan, tahap awal, pemeriksaan diutamakan lebih dulu untuk orang dengan suspek covid-19 dan orang dengan kontak erat berdasarkan hasil screening, juga pasien-pasien yang masuk rumah sakit. Kemudian pasien dengan gejala sedang hingga berat.

"Untuk memberikan kepastian (diagnosa) bagi tenaga kesehatan kita. Diperlukan waktu 45 menit hingga 1 jam untuk memeriksa sampel swab guna dianosa Covid-19," jelas Kadinkes KKR.

Masih disampaikan Kadinkes KKR, nantinya, mobil PCR itu bukan hanya diagnosa Covid-19, melainkan jenis penyakit menular lainnya. "Tergantung reagen yang digunakan," Kadinkes KKR. (11/11)

Bagikan artikel ini:
H. Marijan S.Pd M.Kes

- Kepala Dinas Kesehatan -

Selamat datang di Website Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya, dengan website ini kami harapkan dapat digunakan sebagai media publikasi dan…

Berlangganan
Jajak Pendapat

Bagaimana tampilan portal web menurut anda?

Hasil
Pengunjung
Banner