You need to enable javaScript to run this app.

Canangkan BIAN 2022, Bupati Muda Inginkan Kesehatan Generasi Kubu Raya Terjamin

  • Rabu, 18 Mei 2022
  • Promkes Kab.Kubu Raya
Canangkan BIAN 2022, Bupati Muda Inginkan Kesehatan Generasi Kubu Raya Terjamin

dinkes.kuburayakab.go.id- Bupati Kubu Raya Kalimantan Barat (Kalbar) Muda Mahendrawan mencanangkan program nasional Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) tahun 2022 yang dipusatkan di Puskesmas Sungai Rengas, Rabu (18/5/2022) pagi.

"Dengan pencanangan BIAN 2022 ini, ia mengajak semua masyarakat yang memiliki bayi atau balita, untuk segera membawa anaknya ikut imunisasi", ajak Bupati Muda.

Bupati menuturkan, Program nasional Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) bertujuan untuk mencegah dan melindungi anak-anak Kubu Raya dari berbagai penyakit yang dapat dicegah dengan Imunisasi (PD3i) yang dapat menimbulkan kecacatan dan kematian. 

"Jika anak-anak kita tidak terlindingi dengan Imunisasi, maka berbagai penyakit akan menyerang mereka diantaranya, tuberkolosis, campak, rubela, hepatitis, pertusis, difteri, polio, tetanus neonatorum", jelasnya.

Bupati menjelaskan, adanya pandemi Covid-19, pelaksanaan imunisasi rutin tidak dapat berjalan optimal. Berdasarkan data beberapa tahun terakhir terjadi menunjukan terjadi penurunan cakupan imunisasi rutin, baik imunisasi dasar maupun lanjutan.

"Kondisi ini menyebabkan jumlah anak-anak yang tidak mendapatkan menerima imunisasi rutin lengkap sesuai usia semakin bertambah banyak. Kondisi ini juga mengakibatkan peningkatan jumlah kasus PD3i dan terjadinya Kejadian Luar Biasa (KLB) PD3i.

Ia juga menginstruksikan semua petugas kesehatan maupun camat dan jajaran untuk 'kepong bakol' (bergotong royong) menyukseskan BIAN 2022. 

“layanan imunisasi bagi semua anak Kubu Raya harus dipenuhi, jangan sampaiada anak Kubu Raya yang tidak menerima imunisasi,” tegas Muda.

Bupati Muda juga tidak menginginkan ada kendala dalam mencapai target BIAN 2022.

Dirinya berharap, dengan suksesnya BIAN 2022, yang dilaksanakan mulai tanggal 18 Mei 2022 hingga 18 Juni 2022, akan menjamin kesehatan anak-anak generasi Kubu Raya ke depan.

“Mari kita bersama-sama tetap jaga anak-anak ke depan agar kesehatannya terjamin. Kubu Raya harus melebihi target BIAN 2022,” imbuhnya.

 

Berita : RRI.Co.Id

Dokumentasi : Promkes KKR

Bagikan artikel ini:
H. Marijan S.Pd M.Kes

- Kepala Dinas Kesehatan -

Selamat datang di Website Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya, dengan website ini kami harapkan dapat digunakan sebagai media publikasi dan…

Berlangganan
Jajak Pendapat

Bagaimana tampilan portal web menurut anda?

Hasil
Pengunjung
Banner