You need to enable javaScript to run this app.

Poskestren Diharapkan Mampu Wujudkan Jangkar Layanan Kesehatan di Masyarakat

  • Rabu, 25 Mei 2022
  • Promkes Kab.Kubu Raya
Poskestren Diharapkan Mampu Wujudkan Jangkar Layanan Kesehatan di Masyarakat

dinkes.kuburayakab.go.id- Pemerintah Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat (Kalbar) telah memasukan pondok pesantren yang ada di kabupaten itu ke dalam data geoportal yang sudah sesuai dengan by name, by address, koordinat, fhoto, termasuk juga pos kesehatan pesantren (poskestren).  

“Hal ini kita lakukan, agar kedepannya setiap data yang ada di pondok pesantren ini akan kita jadikan salah satu tematik info geoportal sebaran dari setiap pondok pesantren yang ada. Sehingga nanti diharapkan, ada inisiatif untuk bisa dilakukan latihan-latihan yang perlu difahami anak-anak kita. Supaya bisa memahami gejala dan hal-hal yang terkait dengan ancaman-ancaman penyakit menular dan tidak menula serta hal-hal yang perlu kita antisipasi”, kata bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan saat menghadiri Gelar Pondok Pesantren Kabupaten Kubu Raya dan Korordinasi srta Pembinaan Upaya Kesehatan di Gardenia Resort and Spa, Rabu (25/5/2022) pagi.  

Bupati Muda juga berharap Dinas Kesehatan bisa melakukan asesment terhadap hal-hal yang terkait dengan upaya pembinaan poskestren, sehingga dengan asesment itu bisa terlihat hal-hal yang sangat rentan sesuai dengan kategorinya, agar pemerintah juga bisa melakukan langkah-langkah yang dilakukan untuk poskestren ini.

“Jika poskestren ini bisa dilakukan dengan fokus dan terukur, maka orang-orang akan punya sugesti terhadap dirinya dan dia juga punya sugesti bagaimana bisa membuat orang tenang. Artinya hal-hal seperti ini nantinya di poskestren itu bisa mewujudkan jangkar-jangkar terhadap pelayanan kesehatan kita”, ujarnya.

Untuk itu, Muda menuturkan, di setiap poskestren ini nantinya akan ditempatkan tenaga kesehatan, baik itu bidan, perawat dan lainnya sehingga anak-anak di pondok pesantren itu punya inisiatif-inisiatif untuk melakukan upaya kesehatan yang mandiri dan melakukan langkah awal pencegahan.

“Termasuk praktek pelayanan kesehatan kepada masyarakat di sekitar pondok pesantren. Karena kita juga sedih jika ada kasus kematian ibu dan bayyi karena terlambat menanganinya. Maka dari itu, kita bisa jadikan poskestren ini sebagai upaya memberikan palayanan kesehatan kepada masyarakat supaya bisa membaca sesuatu yang lebih cepat agar tidak menimbulkan resiko”, tuturnya.

 Kedepannya, semua tenaga pendidik yang ada di pondok pesantren di Kubu Raya diupayakan bisa mendapatkan Bantuan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) dan Penerima Bantuan Iuran (PBI) dari pemerintah.

“Mudah-mudahan kedepannya semakin banyak lagi kita menjamin PBI dan BPJS kepada smua tenaga pendidik yang ada di pondok pesantren”, jelasnya.

Berita : RRI.Co.Id

Dokumentasi : Promkes KKR

Bagikan artikel ini:
H. Marijan S.Pd M.Kes

- Kepala Dinas Kesehatan -

Selamat datang di Website Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya, dengan website ini kami harapkan dapat digunakan sebagai media publikasi dan…

Berlangganan
Jajak Pendapat

Bagaimana tampilan portal web menurut anda?

Hasil
Pengunjung
Banner