You need to enable javaScript to run this app.

"Kepong Bakol" Antarsektor Demi Tingkatkan Capaian Vaksinasi dan Bian di Kubu Raya

  • Kamis, 18 Agustus 2022
  • Promkes Kab.Kubu Raya

Sekretaris Daerah Kabupaten Kubu Raya Yusran Anizam meminta Dinas Kesehatan setempat mengoptimalkan vaksinasi COVID-19 dan percepatan pelaksanaan program Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) di daerah tersebut karena capaian hingga saat ini belum maksimal.

"Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya yang dalam hal ini sebagai leading sector (pimpinan sektor), saya minta untuk lebih maksimal dalam mempercepat capaian vaksinasi COVID-19 dan percepatan capaian BIAN 2022 karena hingga saat ini persentase masyarakat Kubu Raya yang telah melakukan vaksinasi COVID-19 dosis pertama 78,8 persen dari sasaran target vaksin 432.686 orang, sedangkan untuk persentase BIAN berada di 40,5 persen," katanya di Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan  Barat, Kamis.

Ia menjelaskan rendahnya capaian vaksinasi tersebut harus menjadi perhatian pemkab setempat untuk terus berinovasi dan mengusahakan agar masyarakat dapat terlindungi dari berbagai penyakit.

Ia mengatakan diperlukan "kepong bakol" atau gotong royong antarsektor di Kubu Raya, terutama organisasi perangkat daerah yang bersinggunggan langsung dalam percepatan program tersebut.

Sebelumnya, Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengatakan program BIAN untuk mencegah dan melindungi anak-anak daerah setempat dari berbagai penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3i) yang dapat menimbulkan kecacatan dan kematian.


"Jika anak-anak kita tidak terlindungi dengan imunisasi, maka berbagai penyakit akan menyerang mereka di antaranya, tuberkolosis, campak, rubela, hepatitis, pertusis, difteri, polio, tetanus neonatorum," katanya.

Ia mengakui pandemi COVID-19 membuat imunisasi rutin terhadap anak tidak berjalan optimal. Berdasarkan data, beberapa tahun terakhir menunjukkan penurunan cakupan imunisasi rutin untuk mereka, baik imunisasi dasar maupun lanjutan.

"Kondisi ini menyebabkan jumlah anak-anak yang tidak mendapatkan menerima imunisasi rutin lengkap sesuai usia semakin bertambah banyak. Kondisi ini juga mengakibatkan peningkatan jumlah kasus PD3i dan terjadinya Kejadian Luar Biasa (KLB) PD3i," ujarnya.



Ia menginstruksikan semua petugas kesehatan maupun camat dan jajaran "kepong bakol" menyukseskan BIAN 2022.

"Layanan imunisasi bagi semua anak Kubu Raya harus dipenuhi, jangan sampai ada anak Kubu Raya yang tidak menerima imunisasi," tuturnya.

Bupati Muda juga tidak menginginkan ada kendala dalam mencapai target BIAN 2022 di daerah setempat.

"Mari kita bersama-sama tetap jaga anak-anak ke depan agar kesehatannya terjamin. Kubu Raya harus melebihi target BIAN 2022," katanya.

Bagikan artikel ini:
H. Marijan S.Pd M.Kes

- Kepala Dinas Kesehatan -

Selamat datang di Website Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya, dengan website ini kami harapkan dapat digunakan sebagai media publikasi dan…

Berlangganan
Jajak Pendapat

Bagaimana tampilan portal web menurut anda?

Hasil
Pengunjung
Banner