You need to enable javaScript to run this app.

Kubu Raya Raih Empat PenghargaanTribun Pontianak 2023

Kubu Raya Raih Empat PenghargaanTribun Pontianak 2023

Dinkes.kuburayakab.go.id- Pemerintah Kabupaten Kubu Raya menerima empat penghargaan pada Tribun Pontianak Award 2023. Penghargaan yang diserahkan Pemimpin Redaksi Tribun Pontianak Safrudin diterima langsung oleh Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan pada Perayaan HUT ke-15. Tribun Pontianak di The Q Hall Qubu Resort Kubu Raya, Selasa (8/8) malam.

Empat penghargaan diraih pada Kategori Pelopor Sistem Informasi Data Geospasial, Kategori Pelopor Inovasi CMS Pedesaan, Kategori Inovasi Pelayanan Kesehatan Gratis di Rumah Sakit, dan Kategori Inovasi Luar Pengadilan Gratis.

Bupati Muda Mahendrawan mengatakan, langkah dan kerja pemerintah berupaya membuka peluang bagi masyarakatnya.

“Kesempatan untuk hidup layak, sehat, dan bahagia,” kata Muda.

Untuk mengambil langkah itu, jelas Muda, Pemkab Kubu Raya dilandasi oleh permasalahan yang harus segera diselesaikan.

“Ide-ide tersebut berdasarkan inspirasi dari masyarakat kita sendiri. Di era digital dan disrupsi ini, tentunya kita berupaya untuk mempercepat antisipasi dan solusi terhadap berbagai permasalahan yang ada,” ujarnya.

Percepatan solusi tersebut, jelas Muda, dilakukan melalui berbagai inovasi yang mampu melipat ruang dan waktu sehingga terjadi transformasi.

“Dari sesuatu yang lambat menjadi cepat, dari sesuatu yang tidak bergerak menjadi sesuatu yang bergerak, dari sesuatu yang lemah menjadi sesuatu yang tidak berdaya, dari sesuatu yang tidak layak menjadi sesuatu yang layak, dari sesuatu yang tidak bernilai. adil ke yang adil, dan dari yang tidak transparan ke yang transparan. Dan yang terpenting semua rumah tangga yang cemas menjadi bahagia,” tegasnya.

Lebih lanjut Muda mengatakan, inovasi pemanfaatan informasi geospasial Kubu Raya telah mendapatkan penghargaan Bhumandala Kanaka atau medali emas dari Badan Informasi Geospasial Indonesia (BIG). Inovasi ini dinyatakan sebagai juara nasional.

“Dan telah diakui sebagai rujukan di Indonesia sebagai pionir inovasi sistem informasi geospasial,” kata Muda.

Selain itu, lanjut Muda, inovasi Cash Management System (CMS) desa yang dimulai pada tahun 2019 dan telah diterapkan di seluruh desa di Kubu Raya akan direplikasi oleh seluruh kabupaten di Indonesia. Hal itu berdasarkan surat dari Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi RI.

“Slogan ‘Dari Kubu Raya ke Indonesia’ sudah menemukan buktinya, karena kita turut berkontribusi dengan ide dan inovasi ini,” kata Muda.

Terkait inovasi layanan rumah sakit gratis di RSUD Kubu Raya, Muda mengungkapkan telah dilakukan selama satu tahun terakhir dan menjawab impian seluruh warga Kubu Raya.

“Kami sadar bahwa pelayanan kesehatan merupakan hal yang sangat penting,” ujarnya.

Untuk inovasi duduk di luar gedung pengadilan, lanjut Muda, merupakan hasil kerjasama Pemerintah Kabupaten Kubu Raya dengan Pengadilan Negeri Mempawah dan hasilnya luar biasa.

“Ini untuk melayani masyarakat kita yang kesulitan dalam mengesahkan perkawinan, anak di luar nikah. Sehingga dalam 20 sidang sudah lebih dari 800 anak yang dikukuhkan PN Mempawah dengan sidang setiap hari Jumat, bertugas di vihara bahkan di Aula. Kantor Bupati,” jelas Muda.

Sebagai informasi, Tribun Pontianak Awards 2023 merupakan ajang apresiasi atas kinerja terbaik yang telah dilakukan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota, BUMN, BUMD, Korporasi, dan Perguruan Tinggi yang telah berkontribusi terhadap pembangunan Kalimantan Barat. (Mendongkrak)

 

Editor : Diana Pangestiti

Penulis : Yulisha

Bagikan artikel ini:
H. Marijan S.Pd M.Kes

- Kepala Dinas Kesehatan -

Selamat datang di Website Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya, dengan website ini kami harapkan dapat digunakan sebagai media publikasi dan…

Berlangganan
Jajak Pendapat

Bagaimana tampilan portal web menurut anda?

Hasil
Pengunjung
Banner