You need to enable javaScript to run this app.

HARI MENOPAUSE SEDUNIA, 18 OKTOBER 2020

HARI MENOPAUSE SEDUNIA, 18 OKTOBER 2020

dinkes.kuburayakab.go.id- 18 Oktober, diperingati sebagai hari menopause sedunia. WHO menetapkan hari peringatan ini dengan alasan banyaknya wanita yang mengalami menopause dini. Untuk itu, penting untuk memahami fakta-fakta penting tentang menopause.

Apakah menopause itu?
Menopause adalah berhentinya secara fisiologis siklus menstruasi yang berkaitan dengan tingkat lanjut usia perempuan. Seorang wanita yang mengalami menopause alamiah sama sekali tidak dapat mengetahui apakah saat menstruasi tertentu benar-benar merupakan menstruasinya yang terakhir sampai satu tahun berlalu.

Menopause merupakan suatu fase dari kehidupan wanita yang ditandai dengan berakhirnya menstruasi dan berhentinya fungsi reproduksi, namun seorang wanita dikatakan telah mengalami menopause setelah  tidak mengalami menstruasi minimal selama 12 bulan.

Beberapa keluhan fisik yang merupakan tanda dan gejala dari menopause yaitu :
- Ketidakteraturan Siklus Haid
- Gejolak Rasa Panas (hot flushes)
- Kekeringan Vagina
- Menurunnya gairah seks

Dikutip dinkes.kuburayakab.go.id dari North American Menopause Society (NAMS), rata-rata menopause pertama kali terjadi pada usia antara 45 hingga 55. Namun, pada sebagian wanita, menopause bisa terjadi lebih awal yaitu sebelum usia 40 tahun, seperti dikutip dari laman Everyday Health. Jumat (17/10/2020)

Bagikan artikel ini:
H. Marijan S.Pd M.Kes

- Kepala Dinas Kesehatan -

Selamat datang di Website Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya, dengan website ini kami harapkan dapat digunakan sebagai media publikasi dan…

Berlangganan
Jajak Pendapat

Bagaimana tampilan portal web menurut anda?

Hasil
Pengunjung
Banner