• DINAS KESEHATAN
  • KABUPATEN KUBU RAYA

KENALI GEJALA AWAL COVID-19

dinkes.kuburayakab.go.id- Hingga kini masyarakat masih bertanya-tanya terkait informasi gejala awal yang dialami jika seseorang terinfeksi covid-19 tanpa harus melalui rapid test dan swab test terlebih dahulu. Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya tidak henti-hentinya  mempelajari cara pencegahan dan penanggulangan Covid-19 dari buku Pedoman Pencegahan dan penanggulangan Covid-19 Revisi ke-V Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

"Informasi saat ini jika seseorang terinfeksi Covid-19 masih sama pada umumnya jikalau seseorang terinfeksi virus lainnya seperi demam, batuk, pilek, nyeri kepala, mual dan gangguan pencernaan" Tutur, dr.Yudi Paulian Heriwibowo (Kepala Seksi Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Menular Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya).

dr.Yudi juga menuturkan, "Pasien yang terinfeksi Covid-19 menunjukan ciri-ciri yang kerap di temukan pada pasien dengan gangguan pernafasan. Untuk Memastikan seseorang terkonfirmasi Covid-19 memang membutuhkan penyelidikan epidemiologi yang lebih mendalam termasuk dilakukannya rapid test dan swab test".

Covid-19 ini memiliki masa inkubasi dua hari sampai dengan dua minggu, itu sebabnya jika seseorang dicurigai terinfeksi Covid-19, sebaiknya pasien tersebut segera di observasi dan dikarantina. Pasien terkonfirmasi Covid-19 ditetapkan tatalaksana yang bebeda sesuai dengan gejala klinis yang dirasakan. Untuk pasien yang tidak menimbulkan gejala cukup lakukan isolasi mandiri 10-14 hari dengan menerapkan protokol kesehatan, menggunakan masker, menjaga pola perilaku hidup bersih dan sehat, serta berfikir positif. Pada pasien yang bergejala, pastinya perlu pemantauan khusus dari tenaga kesehatan dan melakukan karantina yang ketat.

dr.Yudi juga menuturkan," Kepada pasien yang belum terkonfirmasi Covid-19 atau minimal belum sebagai pembawa penularan Covid-19 untuk menerapkan secara ketat protokol kesehatan mulai dari menggunakan masker yang saat ini dianjurkan di dalam ruangan dan/atau terutama di luar ruangan, mencuci tangan pakai sabun di air mengalir, menjaga jarak minimal 1 meter, konsumsi makanan yang sehat, istirahat yang cukup dan tak lupa untuk selalu bahagia". (16/10)

 

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
SOSIALISASI COVID-19, Melalui Media Wayang Kulit

dinkes.kuburayakab.go.id- Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya bekerjasama dengan Persatuan Pedalang Indonesia (PEPADI) Cabang Kubu Raya beserta Pemerintahan Kabupaten Kubu Raya dengan t

27/10/2020 14:02 - Oleh Promkes Kab.Kubu Raya - Dilihat 44 kali
Data Sebaran Covid-19 Kabupaten Kubu Raya, 20 Oktober 2020

Update Data Persebaran Covid-19 dari 9 Kecamatan dan 20 Puskesmas Kabupaten Kubu Raya, Sumber Bidang P2P Dinkes KKR. Call Center 0878 0818 5999 covid19kk@gmail.com Keberhasilan Penc

21/10/2020 20:49 - Oleh Promkes Kab.Kubu Raya - Dilihat 24 kali
Info Covid 19 kubu raya

.

24/07/2020 01:19 - Oleh Administrator - Dilihat 111 kali