You need to enable javaScript to run this app.

Cara Mencegah Gratifikasi

Cara Mencegah Gratifikasi

Pengertian Gratifikasi

Gratifikasi dapat dibahas mengenai pengertiannya, yaitu sebagai pemberian dalam arti luas yang dapat memengaruhi keputusan dan kinerja penyelenggara negara. Secara singkat, Gratifikasi adalah pemberian dalam arti luas, seperti pemberian uang, barang, rabat, komisi, pinjaman tanpa bunga, tiket perjalanan, fasilitas, dan sebagainya.

Praktik gratifikasi dapat terjadi di berbagai bidang, seperti politik, bisnis, pelayanan publik, dan sektor lainnya. Meskipun dalam beberapa konteks pemberian hadiah bisa sah dan wajar, dalam banyak kasus, gratifikasi dapat menyebabkan korupsi, penyalahgunaan wewenang, dan pelanggaran etika.

Dasar Hukum Gratifikasi

Gratifikasi juga dapat dibahas mengenai dasar hukumnya, yaitu diatur dalam Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2001 tentang Tindak Pidana Korupsi. Gratifikasi dapat menjadi korupsi jika tidak memenuhi dua syarat, yaitu diberikan atau diterima oleh pegawai negeri atau  penyelenggara negara dan mempengaruhi keputusan atau kinerja penyelenggara negara.

Cara Mencegah Gratifikasi

Berikut adalah beberapa cara mencegah gratifikasi :

  1. Meningkatkan kesadaran: Meningkatkan kesadaran dan pemahaman mengenai gratifikasi dan bahayanya, serta memperkuat integritas dan etika kerja penyelenggara negara.
  2. Menerapkan sistem pengendalian gratifikasi: Menerapkan sistem pengendalian gratifikasi yang efektif dan transparan, seperti pemeriksaan laporan harta kekayaan, pemeriksaan kepatuhan, dan pemeriksaan internal.
  3. Menghindari konflik kepentingan: Menghindari konflik kepentingan dengan tidak menerima pemberian dari pihak yang terkait dengan pekerjaan atau jabatan yang diemban.
  4. Menolak gratifikasi: Menolak gratifikasi yang diberikan oleh pihak yang terkait dengan pekerjaan atau jabatan yang diemban.
  5. Menerapkan sanksi: Menerapkan sanksi yang tegas dan efektif bagi pelaku gratifikasi, seperti sanksi pidana berupa penjara dan denda.

Cara-cara di atas dapat membantu mencegah gratifikasi dan memperkuat integritas dan etika kerja penyelenggara negara. Meningkatkan kesadaran dan pemahaman mengenai gratifikasi, menerapkan sistem pengendalian gratifikasi, menghindari konflik kepentingan, menolak gratifikasi, dan menerapkan sanksi yang tegas dan efektif bagi pelaku gratifikasi dapat menjadi langkah-langkah yang efektif dalam mencegah gratifikasi.

Bagikan artikel ini:
H. Marijan S.Pd M.Kes

- Kepala Dinas Kesehatan -

Selamat datang di Website Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya, dengan website ini kami harapkan dapat digunakan sebagai media publikasi dan…

Berlangganan
Jajak Pendapat

Bagaimana tampilan portal web menurut anda?

Hasil
Pengunjung
Banner