You need to enable javaScript to run this app.

KENALI GEJALA AWAL COVID-19

KENALI GEJALA AWAL COVID-19

dinkes.kuburayakab.go.id- Hingga kini masyarakat masih bertanya-tanya terkait informasi gejala awal yang dialami jika seseorang terinfeksi covid-19 tanpa harus melalui rapid test dan swab test terlebih dahulu. Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya tidak henti-hentinya  mempelajari cara pencegahan dan penanggulangan Covid-19 dari buku Pedoman Pencegahan dan penanggulangan Covid-19 Revisi ke-V Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

"Informasi saat ini jika seseorang terinfeksi Covid-19 masih sama pada umumnya jikalau seseorang terinfeksi virus lainnya seperi demam, batuk, pilek, nyeri kepala, mual dan gangguan pencernaan" Tutur, dr.Yudi Paulian Heriwibowo (Kepala Seksi Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Menular Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya).

dr.Yudi juga menuturkan, "Pasien yang terinfeksi Covid-19 menunjukan ciri-ciri yang kerap di temukan pada pasien dengan gangguan pernafasan. Untuk Memastikan seseorang terkonfirmasi Covid-19 memang membutuhkan penyelidikan epidemiologi yang lebih mendalam termasuk dilakukannya rapid test dan swab test".

Covid-19 ini memiliki masa inkubasi dua hari sampai dengan dua minggu, itu sebabnya jika seseorang dicurigai terinfeksi Covid-19, sebaiknya pasien tersebut segera di observasi dan dikarantina. Pasien terkonfirmasi Covid-19 ditetapkan tatalaksana yang bebeda sesuai dengan gejala klinis yang dirasakan. Untuk pasien yang tidak menimbulkan gejala cukup lakukan isolasi mandiri 10-14 hari dengan menerapkan protokol kesehatan, menggunakan masker, menjaga pola perilaku hidup bersih dan sehat, serta berfikir positif. Pada pasien yang bergejala, pastinya perlu pemantauan khusus dari tenaga kesehatan dan melakukan karantina yang ketat.

dr.Yudi juga menuturkan," Kepada pasien yang belum terkonfirmasi Covid-19 atau minimal belum sebagai pembawa penularan Covid-19 untuk menerapkan secara ketat protokol kesehatan mulai dari menggunakan masker yang saat ini dianjurkan di dalam ruangan dan/atau terutama di luar ruangan, mencuci tangan pakai sabun di air mengalir, menjaga jarak minimal 1 meter, konsumsi makanan yang sehat, istirahat yang cukup dan tak lupa untuk selalu bahagia". (16/10)

 

Bagikan artikel ini:
H. Marijan S.Pd M.Kes

- Kepala Dinas Kesehatan -

Selamat datang di Website Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya, dengan website ini kami harapkan dapat digunakan sebagai media publikasi dan…

Berlangganan
Jajak Pendapat

Bagaimana tampilan portal web menurut anda?

Hasil
Pengunjung
Banner