You need to enable javaScript to run this app.

Masifkan Sebaran Vaksinasi, Bupati Kubu Raya Minta Satgas Covid Desa Aktif Daftarkan Warganya

  • Kamis, 19 Agustus 2021
  • Promkes Kab.Kubu Raya
Masifkan Sebaran Vaksinasi, Bupati Kubu Raya Minta Satgas Covid Desa Aktif Daftarkan Warganya

dinkes.kuburayakab.go.id- Pemerintah Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat (Kalbar) melalui Dinas Kesehatan terus menggencarkan sebaran vaksinasi Covid-19 dosis pertama dan kedua di desa-desa dengan melibatkan 20 Puskesmas dan fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) di kabupaten itu.

Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengatakan, sebaran vaksinasi Covid-19 di desa-desa ini akan terus dilakukan sebagai upaya memberikan herd immunity kepada setiap masyarakat, karena dengan cara ini semua kerjanya lebih terukur, efektif dan berdampak langsung ke masyarakat. 

"Hari ini sebaran vaksinasi Covid-19 kita mulai lagi di Kecamatan Sungai Kakap dan beberapa puskesmas yang tersebar di 9 kecamatan serta kita juga sedang menyusun dan sudah ada. Yang mana vaksinasi Covid-19 di desa-desa akan terus kita lakukan seperti sebelumnya dengan sebaran di 60 titik yang akan diadakan untuk vaksin Covid-19 dosis pertama”, kata Muda Mahendrawan di dampingi Ketua TP PKK Rosalina Muda saat meninjau vaksinasi Covid-19 secara massal di gedung serbaguna Kecamatan Sungai Kakap, Kamis (19/8/2021) pagi.

Bupati meyakini masyarakat sudah memahami, sebaran vaksinasi Covid-19 ini merupakan bagian dari upaya percepatan agar terkendali dan supaya tingkat ketertularannya bisa ditekan dan diminalisir. Karena jika sudah divaksin, tentunya akan lebih aman dan tidak fatal.

“Kita harapkan nanti semuanya sudah terdata, karena dari tenaga kesehatan (nakes) kita sudah siap dan upaya desa-desa ke depannya agar warga yang akan divaksin itu didaftarkan terlebih dulu, jadi Satgas Covid desa melalui Kepala Desa dan RT nya mendaftar warganya berdasarkan Kepala Keluarga (KK) nya. Karena jika warga yang mengisinya, tentunya akan memakan waktu”, ujarnya.

Bupati mengharapkan jika vaksianasi Covid-19 ini digelar kembali kedepannya, datanya sudah ada semuanya, sehingga nakesnya bisa langsung melakukan screening. Sebab sering terjadi ketika warga yang mengisi datanya sendiri baik nama maupun no hpnya itu sering rejadi kesalahan.

“Misalnya nomor hpnya 7 ditulis 1, sehingga hal itu akan memperngaruhi sertifikat vaksin. Karena kedepannya kita tidak ingin ada lagi warga yang terlalu lama menunggu sehingga blankonya bisa difhoto copy sama pihak desa dan bisa langsung disusun target jumlah warga yang divaksin Covid-19.

Muda menyampaikan, pola ini dilakukan untuk mengajak masing-masing Satgas Covid desa untuk aktif memulai pendaftaran dan saat ini sudah dilakukan. Bahkan beberapa desa juga sudah melakukannya berdasarkan nomor urut usia.

“Sehingga sebaran kekebalannya menjadi merata dan ada yang lebih diprioritaskan terhadap zona desa yang memiliki resiko tinggi seperti empat kecamatan yang berada jalur-jalur yang terbuka dan di hiterland kota Pontianak dan melihat dari tingkat positif rate yang ada beberapa bulan ini”, tutup Bupati.

 

Oleh : Rino Kartono

Foto by Promkes KKR

Bagikan artikel ini:
H. Marijan S.Pd M.Kes

- Kepala Dinas Kesehatan -

Selamat datang di Website Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya, dengan website ini kami harapkan dapat digunakan sebagai media publikasi dan…

Berlangganan
Jajak Pendapat

Bagaimana tampilan portal web menurut anda?

Hasil
Pengunjung
Banner