You need to enable javaScript to run this app.

Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya Gelar Pelatihan Bahasa Isyarat Bagi Tenaga Kesehatan

  • Senin, 18 April 2022
  • Promkes Kab.Kubu Raya
Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya Gelar Pelatihan Bahasa Isyarat Bagi Tenaga Kesehatan

dinkes.kuburayakab.go.id- Bahasa Isyarat menjadi salah satu bidang yang penting untuk dikuasai oleh dokter dan tenaga kerja yang bertugas di sektor pelayanan kesehatan. Masyarakat berhak mendapatkan pelayanan kesehatan yang setara, tak terkecuali para penyandang tuli. 

Hak penyandang disabilitas tuli dalam pelayanan kesehatan tertuang dalam Undang-undang Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Penyandang Disabilitas. Meskipun sudah terakomodir dalam undang-undang, pemenuhan hak Disabilitas Tuli ini belum berimbang dengan peningkatan inovasi pelayanan kesehatan di Fasilitas Kesehatan kebanyakan. 

Pemerintah Kabupaten Kubu Raya melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya menyadari betul pentingnya kesetaraan pelayanan kesehatan bagi penyandang disabilitas tuli. Tidak hanya oleh tenaga pelayanan kesehatan, kemampuan komunikasi isyarat dan verbal sebaiknya dimiliki semua orang. 

Pelayanan kesehatan ramah disabilitas tuli belum dapat diwujudkan secara merata dan konsisten di fasilitas kesehatan Kab.Kubu Raya. Kondisi ini rentan menurunkan kualitas pelayanan kesehatan penyandang disabilitas tuli, ujar Kadinkes Kab.Kubu Raya H.Marijan.

Kadinkes KKR ini juga mengungkapkan, demi mengwujudkan fasilitas kesehatan ramah Disabilas Tuli maka Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya menyelegarakan Pelatihan Bahasa Isyarat dengan sasaran petugas kesehatan yang ada di Puskesmas serta RSUD di Kabupaten Kubu Raya.

Kegiatan Pelatihan ini berlangsung lima hari tepatnya tanggal 18 - 22 April 2022 dan di latih oleh juru bahasa isyarat Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya Evi Hestin Khalishah,M.K.M dengan diikuti 21 peserta.

Oleh : Tim Promkes Dinkes KKR

Bagikan artikel ini:
H. Marijan S.Pd M.Kes

- Kepala Dinas Kesehatan -

Selamat datang di Website Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya, dengan website ini kami harapkan dapat digunakan sebagai media publikasi dan…

Berlangganan
Jajak Pendapat

Bagaimana tampilan portal web menurut anda?

Hasil
Pengunjung
Banner