You need to enable javaScript to run this app.

Waspada DBD!! Kadinkes KKR Himbau Masyarakat Kubu Raya

  • Sabtu, 29 Juli 2023
  • Promkes Kab.Kubu Raya
Waspada DBD!! Kadinkes KKR Himbau Masyarakat Kubu Raya

DINKES KKR(29/7/23) – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya mengimbau masyarakat meningkatkan kewaspadaannya terhadap penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Pasalnya, perkembangan nyamuk Aedes Aegypti semakin banyak.

“Apabila perkembangbiakan nyamuk (Aedes Aegypti, red) sudah bertambah banyak, tentu potensi penularan penyakit DBD akan semakin besar,” ujar Kepala Diskes KKR H. Marijan, S. Pd., M. Kes. 

Kadis mengatakan, tingginya curah hujan terutama di wilayah endemis DBD dikhawatirkan akan semakin memudahkan nyamuk Aedes Aegypti berkembang biak. Masyarakat diimbau meningkatkan kewaspadaannya dengan melakukan berbagai langkah pencegahan dan antisipasi sejak dini, di antaranya dengan menerapkan gerakan 3M Plus.

Gerakan 3M Plus tersebut, lanjut Kadis, yakni menguras tempat-tempat penampungan air seminggu sekali, menutup rapat tempat-tempat penampungan air dan mengubur barang-barang bekas yang bisa menampung air yang dapat dijadikan sebagai wadah bertelurnya nyamuk DBD.

Plusnya adalah menggunakan kelambu saat tidur pagi atau sore bagi anak atau bayi, menggunakan obat anti nyamuk, memelihara ikan pemakan jentik. Selain itu, lakukan pemantauan jentik nyamuk DBD,”.

Dijelaskan Kadis, penyakit DBD ini tidak bisa diberantas hanya dengan melakukan pengasapan atau fogging saja tanpa disertai dengan tindakan dan penerapan gerakan 3M Plus.

Mari bersama-sama kita memantau dan melaporkan jika ada indikasi demam ke arah DBD sehingga bisa segera ditangani dan diobati,” pintanya.

Editor :Humas dinkes kkr

Bagikan artikel ini:
H. Marijan S.Pd M.Kes

- Kepala Dinas Kesehatan -

Selamat datang di Website Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya, dengan website ini kami harapkan dapat digunakan sebagai media publikasi dan…

Berlangganan
Jajak Pendapat

Bagaimana tampilan portal web menurut anda?

Hasil
Pengunjung
Banner