You need to enable javaScript to run this app.

Hari Pangan Sedunia : Air dalam Kehidupan

Hari Pangan Sedunia : Air dalam Kehidupan

Dinkes.kuburayakab.go.id- Sahabat Sehat Kubu Raya, Hari Pangan Sedunia atau World Food Day diperingati setiap Tanggal 16 Oktober. Tema pada Hari Pangan Sedunia Tahun 2023 ini, sebagaimana dikutip dari situs Organisasi Pangan dan Pertanian atau FAO (Food and Agricultural Organization)  adalah "Water is life, water is food. Leave no one behind’’. Tema ini sebagai pengingat akan pentingnya air sebagai sumber makanan dan kehidupan, serta untuk menyadarkan kita bahwa dalam kemajuan pembangunan masih banyak orang yang tertinggal.

Berbicara tentang Hari Pangan Sedunia, tentunya tidak lepas dari pembahasan tentang Makanan sehat, karena Makanan sehat dibutuhkan tubuh untuk menjaga fungsi organ dan memastikan kinerjanya. Secara umum, jenis makanan yang tergolong dalam kelompok makanan sehat mengandung berbagai nutrisi. Syarat makanan yang sehat (4 sehat 5 sempurna), yaitu bersih, memiliki gizi yang baik dan seimbang. Keseimbangan makanan sehat adalah makanan yang memiliki kandungan karbohidrat, protein, lemak, dan vitamin.

Tidak hanya makanan sehat dan bergizi yang penting untuk kehidupan kita, air juga memiliki peran penting bagi kehidupan di bumi. Pertumbuhan penduduk yang pesat, urbanisasi, pembangunan ekonomi, dan perubahan iklim menjadikan sumber daya air di bumi semakin menurun kuantitas dan kualitasnya. Berikut adalah beberapa fakta mengenai air yang berkaitan dengan pangan:

  1. Sekitar 600 juta orang bergantung pada sistem pangan di perairan untuk mencari nafkah. Sistem pangan perairan mencakup hewan dan tumbuhan yang ditanam atau dipanen dari air.
  2. Sebesar 95% makanan kita diproduksi di darat dan dalam proses produksinya semua membutuhkan
  3. Ketersediaan air, pertumbuhan tanaman, produksi pangan, dan ketahanan pangan merupakan satu urutan mata rantai yang berhubungan erat. Dapat dikatakan tinggi rendahnya produksi pangan sangat tergantung pada ketersediaan air.
  4. Pengambilan air tawar dimanfaatkan untuk pertanian sebesar 72%, sementara 16% digunakan oleh industri dan 12% untuk rumah tangga dan jasa.
  5. Pemborosan pangan juga menjadi isu yang banyak mendapatkan perhatian publik. Hampir 17% dari makanan yang tersedia bagi konsumen, terbuang menjadi sampah makanan setiap tahunnya sehingga mengakibatkan terbuangnya sumber daya (air, energi dan lahan) yang digunakan untuk memproduksi makanan tersebut.

Kita semua perlu bersinergi untuk mengatasi permasalahan pangan dan air. Kita perlu memproduksi lebih banyak pangan dengan penggunaan air yang efisien, memastikan air terdistribusi secara merata, sistem pangan perairan terlindungi, serta tidak ada masyarakat yang tertinggal dalam kemajuan pembangunan (leave no one behind).

Berikut adalah beberapa hal yang dapat meningkatkan kesadaran kita akan pentingnya air bagi ketahanan pangan:

1. Belajar tentang pentingnya air bagi produksi pangan.

2. Berbagi informasi tentang krisis air dan ketahanan pangan.

3. Dukung upaya untuk mengatasi krisis air.

4. Dengan meningkatkan kesadaran dan aksi, kita dapat membantu memastikan bahwa semua orang memiliki akses ke air bersih dan pangan yang cukup.

Oleh karena itu, air merupakan hal yang sangat penting bagi kehidupan kita yang seharusnya kita jaga dengan baik, agar air yang kita dapat tetap terjaga kesehatan dan kebersihannya.

 

Editor : Diana Pangestiti

Penulis : Yulisha

Bagikan artikel ini:
H. Marijan S.Pd M.Kes

- Kepala Dinas Kesehatan -

Selamat datang di Website Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya, dengan website ini kami harapkan dapat digunakan sebagai media publikasi dan…

Berlangganan
Jajak Pendapat

Bagaimana tampilan portal web menurut anda?

Hasil
Pengunjung
Banner